Dinosaurus Terbesar yang Pernah Ada di Bumi Ada Sekitar 6 Jenis




Dilihat dari ukuran, mamalia terbesar di dunia adalah paus biru, dengan berat sekitar 150 ton dan panjang lebih dari 30 meter.

Ini juga merupakan hewan terbesar yang pernah hidup. Namun jika berbicara tentang hewan darat, gajah saat ini menyandang gelar tersebut.

Jika Anda kembali ke masa lalu, Anda dapat menemukan makhluk yang lebih kuat lagi. Banyak dinosaurus di Era Mesozoikum yang berukuran sangat panjang dan besar.

Dinosaurus terbesar pada masa itu adalah sauropoda, sekelompok spesies herbivora berkaki empat yang memiliki leher dan ekor panjang.

Berikut ini adalah beberapa dinosaurus terbesar yang pernah ada di muka bumi:

1. Patagotitan mayorum

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, Patagotitan mayorum mungkin merupakan hewan darat terbesar di dunia sepanjang masa.

Hal ini didasarkan pada perkiraan ukuran, setelah mempertimbangkan sejumlah fosil tulang yang terkait dengan spesies tersebut. Spesies ini diperkirakan hidup 95-100 juta tahun lalu.

Beratnya sekitar 77 ton dan panjang 37,2 meter. Meskipun beberapa peneliti percaya bahwa ini adalah perkiraan yang berlebihan.

2. Dreadnoughtus

Salah satu dinosaurus terbesar adalah Dreadnoughtus. Panjang totalnya kurang lebih 26 meter dengan perkiraan massa sekitar 65 ton.

Dreadnoughtus diketahui dari endapan batuan di selatan Patagonia, Argentina, berumur sekitar 77 juta tahun yang lalu.

Sayangnya, hanya ada satu spesies yang diketahui yaitu D. scrani.

3.Argentinoosaurus

Bukti Argentinosaurus pertama kali ditemukan pada tahun 1987, ketika sebuah fosil seukuran manusia dewasa digali di sebuah peternakan di Argentina.

Namun, fosil tersebut dikira sebagai bongkahan besar kayu yang membatu. Baru pada tahun 1993 spesimen tersebut diklasifikasikan ulang sebagai satu vertebra milik spesies sauropoda baru.

Meskipun kerangka lengkapnya belum ditemukan, perkiraan panjangnya berkisar antara 37 hingga 40 meter dan berat 99 hingga 110 ton.

4. Supersaurus

Dikutip dari laman A-Z Animals, fosil Supersaurus vivianae telah ditemukan di Colorado dan diperkirakan hidup sekitar 153 juta tahun lalu.

Para ahli percaya bahwa spesies ini bisa mencapai panjang 42. Namun, beratnya tidak sebanyak yang diharapkan dari makhluk sepanjang itu.

5.Ruyangosaurus

R. giganteus adalah pendatang baru di dunia dinosaurus raksasa. Ia hanya ditemui di China dan dijelaskan pada tahun 2009.

Informasi tentang spesies ini jarang ditemukan. Saat ini dinosaurus tersebut diyakini berasal dari zaman Kapur.

Ada dua perkiraan ukuran dinosaurus ini. Satu sumber mengatakan panjangnya mungkin sekitar 35 meter, dan sumber lain mengatakan panjangnya sekitar 24,8 meter.

6. Diplodokus

Diplodocus hallorum hidup pada akhir periode Jurassic. Dinosaurus ini terkenal dengan ekor dan lehernya yang panjang, tubuhnya yang tebal, serta kakinya yang kuat.

Dinosaurus ini diyakini berukuran panjang hingga 35 meter. Namun bobotnya hanya berkisar 12 hingga 22 ton.

Fakta menarik lainnya dari spesies ini adalah kulitnya yang bersisik. Bukti adanya sisik yang terawetkan membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang seperti apa rupa dinosaurus pada masa itu dan bagaimana fungsi tubuh mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Penggunaan Bensin Bertimbal

INVESTASIKAN DIRI ANDA