Apakah sebegitu dekat lubang hitam dengan bumi

 

Ilustrasi material luar angkasa dan bintang masuk ke dalam pusara lubang hitam supermasif. 
Studi baru ungkap lubang hitam dekat Bumi kemungkinan berjarak sangat dekat.

© SHUTTERSTOCK/Jurik Peter

Lubang hitam terdekat dengan Bumi mungkin lebih dekat dari perkiraan sebelumnya.

Bukti baru menunjukkan bahwa lubang hitam dekat Bumi di gugus Hyades hanya berjarak 150 tahun cahaya dari planet ini.

Melaporkan dari Live Science, Kamis (14/9/2023), para astronom menemukan lubang hitam yang paling dekat dengan Bumi diperkirakan 10 kali lebih dekat dari perkiraan.

Dalam studi baru yang diterbitkan pada September 2023 di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, tim astronom menyelidiki sejarah kosmik keluarga bintang yang disebut gugus Hyades.

Gugus Hyades merupakan gugus bintang terdekat dengan planet Bumi, terdiri dari ratusan bintang yang memiliki umur, komposisi kimia, dan pola pergerakan yang hampir sama.

Para peneliti menggunakan data dari satelit Gaia milik Badan Antariksa Eropa (ESA), yang memetakan bintang-bintang untuk mengamati jarak lubang hitam yang paling dekat dengan Planet Bumi.

Lubang hitam tersembunyi

Mereka melakukan simulasi evolusi gugus bintang selama periode 650 juta tahun, dan menemukan penjelasan atas sebaran bintang di gugus bintang yang bergantung pada setidaknya dua atau tiga lubang hitam kecil yang tersembunyi di pusat Hyades.

“Simulasi kami hanya dapat mencocokkan massa dan ukuran Hyades secara bersamaan jika terdapat beberapa lubang hitam di pusat cluster saat ini (atau hingga saat ini),” kata penulis utama studi Stefano Torniamenti, peneliti pascadoktoral di Universitas Padua di Italia, dalam sebuah pernyataan.

Jika benar, lubang hitam yang tersembunyi di gugus bintang ini akan menjadi lubang hitam terdekat dengan Bumi yang pernah terdeteksi.

Lubang hitam ini hanya berjarak 150 tahun cahaya dari planet kita atau sekitar 10 kali lebih dekat dengan planet Bumi dibandingkan calon lubang hitam terdekat berikutnya, yakni lubang hitam yang mengorbit bintang Gaia BH1 yang berjarak sekitar 1.500 tahun cahaya.

Para peneliti menjelaskan lebih lanjut bahwa lubang hitam di gugus bintang Hyades secara teoritis merupakan lubang hitam bermassa bintang, yang merupakan salah satu jenis lubang hitam terkecil yang diamati oleh para ilmuwan, dengan ukuran sekitar 5-10 kali massa Matahari. . .

Meskipun lubang hitam di dekat Bumi tidak aktif karena menarik material dari piringan akresinya yang bersinar terang, ukurannya yang kecil membuatnya hampir tidak terlihat.

Model sebaran bintang dalam penelitian yang dilakukan para peneliti tersebut dinilai terbaik hingga saat ini.

Menurut peneliti, model ini dapat digunakan untuk mencari potensi lubang hitam di gugus bintang lain yang dekat dengan Planet Bumi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Penggunaan Bensin Bertimbal

INVESTASIKAN DIRI ANDA