Microsoft, Akan Matikan Wordpad

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan aplikasi pengolah teks WordPad mereka.


Pada update Windows mendatang, WordPad tidak lagi mendapatkan versi perbaikan alias dimatikan.


“WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada pembaruan Windows mendatang,” tulis keterangan Microsoft di situs resminya, Jumat (1/9/2023).


WordPad, salah satu aplikasi pengolah teks yang kerap menjadi pilihan utama bagi pengguna OS Windows yang belum terinstal Microsoft Word.



Ilustrasi aplikasi pengolahk teks Microsoft WordPad. (Sumber: Microsoft.com)
© Microsoft.com



WordPad telah ada selama 28 tahun sejak Microsoft secara resmi mengumumkan WordPad sebagai penerus editor teks sebelumnya yang dikenal sebagai Microsoft Write.


Mereka yang sudah lama menggunakan Windows mungkin pernah mendengar dan menggunakan Microsoft Write.

Namun setelah Microsoft memperkenalkan Windows 95, WordPad menjadi aplikasi default di OS dan menggantikan Microsoft Write.

Selanjutnya, WordPad terus menjadi bagian integral dari Windows, dan Microsoft terus melakukan berbagai perbaikan pada aplikasinya, termasuk menambahkan dukungan untuk RTF, DOC, ODT, dan format populer lainnya.


Microsoft menyarankan pengguna untuk menggunakan Microsoft Word atau Windows Notepad untuk aplikasi pengolah teks.


“Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks seperti .doc dan .rtf dan Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt,” kata Microsoft.


Kabar ini tidak mengherankan, mengingat program ini telah menjadi fitur opsional Windows sejak rilis Windows 10 Insider Build 19551 pada Februari 2020.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Penggunaan Bensin Bertimbal

INVESTASIKAN DIRI ANDA