Cara Mengatasi Tikus Masuk Mobil

 Tikus yang masuk ke dalam mobil bisa menimbulkan berbagai masalah, mulai dari merusak kabel, interior, bahkan meninggalkan kotoran dan bau tak sedap.

Sehingga perlu dicegah agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut, serta kenyamanan dan keamanan berkendara tetap terjaga.

Sekadar informasi, tikus masuk ke dalam mobil, terutama ruang mesin, karena suhu yang dihasilkan hangat dan tikus menyukainya.

Mengutip dari berbagai sumber, ada berbagai cara mengusir tikus dari mobil, yaitu:

1. Bersihkan ruang mesin

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, yang perlu dilakukan adalah pembersihan ruang mesin.

“Bersihkan ruang mesin dari bau pesing dan kotoran tikus, agar tikus tidak kembali masuk ke ruangan,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

2. Memberikan penerangan pada area garasi mobil

Ibrohim menjelaskan, tikus tidak menyukai tempat yang terang dan bersih, sehingga memberikan penerangan pada malam hari adalah cara paling efektif untuk melakukannya.

3. Gunakan kapur barus

Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, Noval Al-Hudah mengatakan, kapur barus mampu menghilangkan kelembapan, mengingat tikus menyukai tempat yang lembap.

“Pemilik kendaraan bisa menggunakan kapur barus untuk menghilangkan kelembapan. “Tikus juga tidak suka bau kapur barus,” jelasnya kepada Kompas.com baru-baru ini.

4. Gunakan wewangian

Penggunaan pewangi atau parfum bisa membuat tikus tidak mau datang, hal tersebut diungkapkan Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Tikus tidak menyukai bau parfum, sehingga parfum bisa ditaruh di ruang mesin atau tempat lain yang sering dilewati tikus,” ujarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Penggunaan Bensin Bertimbal

INVESTASIKAN DIRI ANDA